PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN ( ExPost Facto di TK islam Al-Ikhlas, Kelurahan Cipete Selatan, Jakarta Selatan)

Putri Juwita Rachmania, . (2018) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI TERHADAP KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN ( ExPost Facto di TK islam Al-Ikhlas, Kelurahan Cipete Selatan, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
4 Daftar Isi PUTRI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
7 Bab I PUTRI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
10 BAB V PUTRI fix.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8 BAB II PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
9 BAB III PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
10 BAB IV PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
10 Daftar Pustaka PUTRI docx.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang kecerdasaan visual-spasial anak usia 4-6 tahun melalui pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler tari. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-Ikhlas, Kelurahan Cipete Selatan, Kota Jakarta Selatan pada bulan Oktober-Desember 2017. Metode penelitian menggunakan Ex Post Facto dengan sampel penelitian anak usia 4-6 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dan anak yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji anava dan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Fhitung = 4,77 > Ftabel, = 4,20 dan t hitung = 2,71 > ttabel = 2,05. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan kecerdasan visual-spasial pada anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dengan anak yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler tari dengan kecerdasan visual-spasial anak usia 4-6 tahun di TK Islam Al-Ikhlas, Cipete Selatan, Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Indah Juniasih, S.Pd, M.Pd 2) Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 15:06
Last Modified: 15 Jan 2020 15:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item