EVALUASI KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATERI KERAH SHILLER DAN KERAH SETALI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT

RENTIKA ALDINI, . (2017) EVALUASI KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL MATERI KERAH SHILLER DAN KERAH SETALI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RENTIKA ALDINI (5525117621).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis hasil evaluasi kualitas media pembelajaran video tutorial materi kerah shiller dan kerah setali pada mata pelajaran teknologi menjahit. Peneliti membuat media pembelajaran dalam bentuk video tutorial, dimana didalamnya terdiri dari gabungan berbagai komponen yaitu: teks, layout, warna, audio, gambar, animasi dan video. Media pembelajaran video tutorial dibuat dengan menggunakan beberapa software yaitu CorelDRAW X5, Adobe Photoshop CS5, Macromedia Flash dan Adobe Premiere. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan Pre-eksperimental design. Penelitian ini menggunakan pengujian internal expert review (pendapat ahli dan praktisi) dan pengujian eksternal field evaluation (evaluasi lapangan). Pengujian internal terdiri dari uji validitas (1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli media), uji kualitas media (3 dosen ahli materi dan 2 dosen ahli media). Pengujian eksternal dilakukan terhadap 30 peserta didik yang telah mengikuti mata pelajaran teknologi menjahit sebagai pengguna. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala penilaian ratting scale. Media pembelajaran video tutorial dikatakan berkualitas berdasarkan hasil hasil skor penilaian ahli materi 90.6% dan media 86.2% yang meliputi aspek materi dan media. Berdasarkan hasil kuesioner peserta didik 58.3% menyatakan media pembelajaran video tutorial sangat baik, 40% menyatakan cukup baik, dan yang kurang baik 1.6%. Hasil penelitian evaluasi kualitas media pembelajaran video tutorial materi kerah shiller dan kerah setali pada mata pelajaran teknologi menjahit menunjukkan bahwa media ini baik untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Hasil ini diperoleh dari penilaian panelis ahli materi dan panelis ahli media serta diperkuat dengan pendapat peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran video tutorial. This study aimed to obtain and analyze the results of an evaluation of the quality of teaching media video tutorial material Shiller collar and collar connected to each of the subjects of sewing technology. Researchers create media learning in the form of video tutorials, in which consist of a combination of various components: text, layout, color, audio, images, animation and video. Media instructional video tutorials created by using some software that X5 CorelDRAW, Adobe Photoshop CS5, Macromedia Flash and Adobe Premiere. The method that used in this study is an experimental method with preexperimental design. This study uses internal testing expert review (opinion of experts and practitioners) and external testing field evaluation (field evaluation). Internal testing consisted of test validity (1 lecturer material expert and 1 lecturer media expert), test the quality of the media (3 lecturer material expert and 2 lecturer media expert). External testing conducted on 30 students who has attended subjects of sewing technology as users. Data were analyzed using descriptive statistics with assessment scale ratting scale. Media learning tutorial video is said to have a quality based on the score of material expert assessment 90.6% and media 86.2%, which includes the aspects of content and media. Based on the results of questionnaires 58.3% of students stated that media learning video tutorial has been very good, 40% said pretty good, and unfavorable 1.6%. The results of the evaluation of research quality video tutorial teaching media material Shiller collar and collar connected to each of the subjects of sewing technology indicates that this media is good to be used as an alternative source of learning. These results were obtained from the assessment of material expert panelists and media expert panelists, and reinforced with the opinion of the students as the medium of learning video tutorial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Vivi Radiona SP, M.Pd 2) Dra. Melly Prabawati, M.Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:35
Last Modified: 27 Apr 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28300

Actions (login required)

View Item View Item