RAKHMI RUSDIANI, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI RAKHMI RUSDIANI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar gambar teknik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimental, denganpopulasi peserta didik kelas 10 SMK Binakarya Mandiri 2 Jurusan Teknik Elektronika Industri dan sampel penelitian sebanyak 2 kelas atau 60 pesertadidik kelas 10 Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Binakarya Mandiri 2, Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar gambar teknik siswa dengan diterapkan Project Based Learning, hal ini berdasarkanhasil perhitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,106. Nilai ttabel dengan taraf signifikan 0,05dan dk= 58 adalah sebesar 2,02. Maka thitung > ttabel.Rata-rata peningkatan nilai (gain score) dari pre-test dan post-test kelas eksperimen memiliki rata-rata gain score yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu rata-rata kelas eksperimen sebesar 47,48dengan prosentase rata-rata gain score sebesar 158%, sedangkan kelas kontrol sebesar 31,64dengan persentase rata-rata gain score sebesar 140%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learningterhadap hasil belajar peserta didik. This research is aimed to obtain information about the presence or absence of improvement of learning result of technique drawing by using learning model of Project Based Learning. The research method used in this research is experimental quantitative research method, with 10 students of 10th grade students of SMK Binakarya Mandiri 2 Department of Industrial Electronics Engineering and research samples of 2 classes or 60 students 10th grade SMK Binakarya Mandiri 2, Bekasi. The results showed that there is an effect on the results of student learning drawings students with applied Project Based Learning, it is based on the results of t-test calculation obtained tcount of 4,106. The value of ttable with a significant level of 0,05 and dk = 58 is 2,002. Then tcount>ttabel. The average gain score of the pre-test and the post-test experimental class has an average gain score higher than the control class, ie the average experimental class of 47,48 with the average percentage gain score of 158%, while control class 31,64 with the average percentage gain score of 140%.The conclusion of this research is there’s influence of Project Based Learning model to student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Muhammad Yusro, MT 2) Dr. Ir. Rusmono, M,Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 05:34 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 05:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28341 |
Actions (login required)
View Item |