PENGUATAN VERBAL GURU SISWA DI KELAS BAHASA INGGRIS: PENELITIAN PADA MAHASISWA PRAKTIK MENGAJAR (PRAKTIK KERJA MENGAJAR) JURUSAN BAHASA INGGRIS TAHUN 2016

PUPUT NOVIANTRI, . (2017) PENGUATAN VERBAL GURU SISWA DI KELAS BAHASA INGGRIS: PENELITIAN PADA MAHASISWA PRAKTIK MENGAJAR (PRAKTIK KERJA MENGAJAR) JURUSAN BAHASA INGGRIS TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FULL PUPUT NOVIANTRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki jenis dan komponen penguatan verbal yang digunakan oleh guru siswa dalam praktik pengajaran bahasa Inggris. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan informasi dari penelitian ini. Data penelitian ini adalah ujaran penguat verbal siswa. Sumber data tersebut adalah lima orang guru siswa atau siswa PKM jurusan Bahasa Inggris dalam praktik kelas bahasa Inggris yang diadakan di SMPN 97 Jakarta, SMPN 139 Jakarta dan SMK 40 Jakarta yang dilaksanakan dari bulan Agustus sampai November 2016. Alat penelitiannya adalah observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 159 tindakan penguatan verbal yang dihasilkan oleh semua guru siswa, mereka hanya menggunakan satu jenis penguatan verbal yaitu penguatan positif, tidak ada yang menggunakan penguatan negatif. Kemudian, Ada 3 komponen penguatan verbal yang digunakan oleh semua guru siswa; Kata bala bantuan (Bagus, Ya), bala bantuan (Good Job) dan bala bantuan (Ok.). Penguatan kata-kata mendominasi pada penggunaan penguatan verbal dengan 61% penggunaan dari 97 bujangan verbal yang diberikan oleh semua guru siswa. Dan semua penguatan verbal guru siswa diberikan saat siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru siswa di kegiatan inti / utama pada tahap pengajaran dan pembelajaran. This study was aimed at investigating types and components of verbal reinforcement used by student teachers in English teaching practice. Researchers used descriptive qualitative to obtain information from this study. The data of the study are student teachers’ utterances of verbal reinforcement. The source of the data are five student teachers or English Department PKM students in English classroom practice held at SMPN 97 Jakarta, SMPN 139 Jakarta and SMK 40 Jakarta which is conducted from August to November 2016. The instrument of the study is classroom observation. The result of the study showed that from 159 actions of verbal reinforcement produced by all of student teachers, they are only used one types of verbal reinforcement that is positive reinforcement, no one uses negative reinforcement. Then, there are 3 components of verbal reinforcement that are used by all of the student teachers; word reinforcements (Good, Yes), phrase reinforcements (Good Job) and sentence reinforcements (It’s Ok.). Words reinforcement dominate on the use of verbal reinforcement with 61% of the usage from 97 verbal reinforcements given by all of student teachers. And all of student teachers’ verbal reinforcementis given when students are able to answer questions given by the student teachers in core / main activities of the teaching and learning phases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. 2). Dr. Hanip Pujiati.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:10
Last Modified: 27 Apr 2022 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28342

Actions (login required)

View Item View Item