EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATERI KARTU NAMA DAN LABEL PADA MATA KULIAH KOMPUTER DESAIN

R. MEGA WIDJAYANTI, . (2017) EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MATERI KARTU NAMA DAN LABEL PADA MATA KULIAH KOMPUTER DESAIN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI R. MEGA WIDJAYANTI (5525111972).pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data tentang evaluasi media pembelajaran cd interaktif materi kartu nama dan label pada mata kuliah komputer desain berdasarkan aspek pedagogik/materi dan media. Penelitian dilakukan di Program Studi Tata Busana, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental one shot case study. Peneliti membuat sebuah media pembelajaran dalam bentuk CD dibuat dengan menggunakan beberapa softwere yaitu corelDRAW X7, Camtasia 8 dan Adobe Flash CS6. Dengan pemilihan background dan layout sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dalam media pembelajaran tersebut. Tampilan yang digunakan sederhana dengan berbagai macam kategori yang sajikan yaitu materi, tutorial video, galeri gambar, evaluasi dan games. Pembuatan media pembelajaran CD Interaktif ini melalui beberapa tahap yaitu menentukan tema, mengumpulkan dan menyusun materi kartu nama dan label sesuai dengan silabus perkuliahan, membuat kerangka media (story board), dan pada proses terakhir yaitu pembuatan media pembelajaran CD interaktif. Hasil evaluasi media pembelajaran CD interaktif dengan materi kartu nama dan label pada mata kuliah komputer desain menunjukkan bahwa media ini sudah baik untuk digunakan.berdasarkan penilaian 2 panelis ahli materi dan 2 ahli panelis media serta 30 mahasiswa tata busana yang pernah mengikuti mata kuliah komputer desain. Adapun hasil penilaian dari panelis ahli materi berdasarkan perhitungan skor kriterium adalah 87,9% berdasarkan aspek pedagogik (pembelajaran dan evaluasi) dan penilaian panelis ahli media berdasarkan perhitungan skor kriteriumadalah 87,5% berdasarkan aspek media (tehnical quality, useability, elemen media tekstual dan visual, elemen media audio dan interaktifitas). Serta diperkuat berdasarkan hasil angket mahasiswa sebagai pendapat pengguna 83% berdasarkan penggabungan aspek pedagogik dan aspek media (media pembelajaran CD interaktif, isi materi dan tampilan) menyatakan media pembelajaran CD interaktif sudah sangat baik. This study aims to review and analyze the data obtained about Learning Evaluation Media Interactive CD business card and label material on computer courses based aspects pedagogical design / materials and media. The study was conducted in dressmaking Studies Program, Department of Family Welfare (IKK), Faculty of Engineering, State University of Jakarta. This study uses a pre-experimental one-shot case study. Researcher create a learning media in the form of a CD made by using some software like CorelDRAW X7, Camtasia 8 and Adobe Flash CS6. With the selection of background and layout according to the needs and characteristics within the learning media. Simple display used with a wide range of categories that present the material, tutorial videos, image galleries, evaluation and games. Making this learning Interactive CD media through several stages of determining a theme, collecting and organizing material cards and labels in accordance with the syllabus of the course, making media framework (story board), and the final process that is making learning interactive CD media. The results of the evaluation of instructional media interactive CD with materials on a label cards and computer design courses shows that this media is good for digunakan.berdasarkan 2 votes matter expert panelists and two expert panelists media as well as 30 students who attended a fashion design computer courses. The results of the assessment of expert panelists material based on the criterion score calculation is 87.9% based on the pedagogical aspect (learning and evaluation) and assessment based media expert panelists score calculation kriteriumadalah 87.5% based on aspects of media (tehnical quality, useability, textual and media elements visual, audio media elements and interactivity). And is reinforced by the results of student questionnaires as user opinion 83% based on the incorporation of pedagogic aspect and the aspect of media (CD interactive learning media, content and appearance) state instructional media interactive CD has been very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) M. Noerharyono, M.Pd 2) Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd, M.KM
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 May 2022 09:36
Last Modified: 16 May 2022 09:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item