PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TEKNIK COOPERATIVE WRITING DAN COLLABORATIVE WRITING TERHADAP HASIL BELAJAR SAKUBUN PADA MAHASISWA SEMESTER IV UHAMKA TAHUN 2015/2016

Annisa Nurizka Amaliya, . (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TEKNIK COOPERATIVE WRITING DAN COLLABORATIVE WRITING TERHADAP HASIL BELAJAR SAKUBUN PADA MAHASISWA SEMESTER IV UHAMKA TAHUN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak b.indo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
abstrak jepang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (95kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan mahasiswa semester IV kelas A dan B universitas Uhamka pada saat mempelajari sakubun. Salah satu hal yang sulit dalam pembelajaran sakubun yaitu tata bahasa atau bunpou. Selain itu, ide juga merupakan hal yang sulit dalam pembelajaran sakubun. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa memerlukan solusi atau metode untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas teknik cooperative writing dan collaborative writing terhadap hasil belajar sakubun. Kedua teknik ini memiliki kesamaan yaitu sama-sama pembelajaran dalam berkelompok. Namun berbeda pada prosedur pelaksanaanya. Pada Teknik cooperative writing mahasiswa dibagi kelompok yang terdiri dari 4-6 orang. Setiap anggota kelompok wajib untuk bekerja sama dan saling membantu dalam penyusunan karangan. Setelah itu, hasil karangan akan di evaluasi oleh guru. Jadi, peran guru dalam teknik ini sebagai mediator. Sedangkan teknik collaborative writing siswa dibagi kelompok yang terdiri dari 2-3 orang. Setiap anggotanya mengerjakan karangannya perindividu dengan pembagian tugas yang sudah dibagikan. Setelah itu, mahasiswa saling mengevaluasi karangan yang telah mereka kerjakan. Peran guru dalam teknik ini sebagai fasilitator. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental (eksperimen murni). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu randomized post-test equivalent groups. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa kelas A yang menggunakan teknik cooperative writing dan 20 orang mahasiswa kelas B yang menggunakan teknik collaborative writing. Setelah menganalisis data post-test, didapat hasil nilai kelas A yang menggunakan teknik cooperative writing dengan total nilai 1566 dan rata-rata 78.3. sedangkan pada kelas B yang menggunakan teknik collaborative writing dengan total nilai 1667 dan rata-rata 83. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa jepang di kelas teknik collaborative writing lebih baik dibandingkan di kelas teknik cooperative writing. Kata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 11:43
Last Modified: 16 Jan 2020 11:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item