KESALAHAN PENGGUNAAN ISTISTNA DALAM KARANGAN TERPIMPIN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA ARAB (Analisis Kesalahan Berbahasa pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta)

SULASTRI, . (2015) KESALAHAN PENGGUNAAN ISTISTNA DALAM KARANGAN TERPIMPIN PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA ARAB (Analisis Kesalahan Berbahasa pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI fix.pdf

Download (912kB)
[img] Text
abstrak fix.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
judul (sulastri) 2715111071.pdf

Download (135kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai jenis kesalahan penggunaan Ististna dalam karangan terpimpin dan frekuensi serta faktor penyebabnya kesalahan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dari bulan maret sampai dengan juni 2015. Data yang diperoleh berupa tes soal sebanyak 30 soal yang terdiri dari soal pilihan ganda dan essay, yang terbagi menjadi: 1) Ististna بإال sebanyak 10 soal, 2) Ististna وسوى نًبغ sebanyak 12 soal, dan 3) Ististna وحاشا خال و بعدا sebanyak 8 soal dengan sampel 30 mahasiswa yang dipilih secara acak, dengan kualifikasi mereka yang sudah belajar mata kuliah nahwu I, nahwu II, dan nahwu III. Metode yang digunakan dalam penelitian: 1) mengumpulkan data, 2) mendeskripsikan kesalahan, 3) menghitung persentase kesalahan, 4) menganalisis kesalahan, 5) membagi kesalahan menjadi kesalahan yang jarang, merata dan sering, 6) memprediksi sebab-sebab kesalahan. Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut, dari 900 jawaban dari tiga jenis ististna, ditemukan kesalahan sebanyak 403 kesalahan, yang terdiri dari: 1. Kesalahan penggunaan Ististna بإال mencapai 103 kesalahan atau sekitar 25,5%. 2. Kesalahan penggunaan Ististna وسوى نًبغ mencapai 173 kesalahan atau sekitar 42,9%. 3. Kesalahan penggunaan Ististna وحاشا خال و بعدا mencapai 126 kesalahan atau sekitar 31,2%. Dan faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan itu diantaranya kesalahan antar bahasa, situasi sosiolinguistik, modalitas yang dimiliki para siswa, Hasil ini menunjukan bahwa, banyak dari mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta belum menguasai dan memahami dengan benar kaidah penggunaan Ististna dalam mengarang terpimpin, hal ini dapat diketahui dengan memperhatikan persentase kesalahan dengan hasil merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 03:32
Last Modified: 17 May 2022 03:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item