Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual (CD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara

SYARIFAH AULIA, . (2015) Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual (CD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Syarifah Aulia.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta, pada tahun ajaran 2014-2015, yang dimulai dari bulan April sampai dengan bulan mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh “ Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta .” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dan Sampelnya adalah mahasiswa tingkat pertama. Mahasiswa semester 2 sebanyak 47 Mahasiswa terdiri dari 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan Sample dilakukan dengan cara purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa teknik analisis data dengan statistik deskriptif yang berbentuk tes lisan, yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0.05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo 0,14252 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0,15641 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 0,05) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,190 (n = 22 , taraf signifikansi 0,05) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 1,277 < 3,841 artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 4,814. Dengan dk 45 dan ttabel = 1,68 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 4,814 > ttabel = 1,68, jadi H0 ditolak, dan H1 diterima. Maka, Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual (CD) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta . Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual (CD) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan dengan menggunkan media audiovisual. Mahasiswa lebih menyukai belajar dengan menggunakan media audiovisual karena didalamnya terdapat gambar yang bertujuan untuk memudahkan mereka dalam memahami materi pembelajaran. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya media audiovisual dalam pembelajaran kemahiran berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M.A.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 06:09
Last Modified: 17 May 2022 06:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28395

Actions (login required)

View Item View Item