MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DENGAN OPEN- ENDED DRAWING

FIUD KHODRIAH, . (2015) MODEL MENTAL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DENGAN OPEN- ENDED DRAWING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Fiud Khodriah_Mental model siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan open en.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model mental sebagai suatu penggambaran tentang konsep yang mewakili ide dalam pikiran siswa akan diperoleh dari pemahaman, imajinasi, dan persepsi awal siswa. Umumnya kimiawan menggunakan tiga level representasi untuk memudahkan penjelasan fenomena kimia. Kemampuan siswa dalam menghubungkan ketiga level representasi akan penting dalam membangun struktur kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mental siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan instrumen Open Ended Drawing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Open- Ended Drawing, wawancara semi terstruktur, dan observasi pada proses pembelajarannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 di SMAN 10 BEKASI. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kategori sesuai pada level makroskopis lebih dominan dibandingkan level simbolik dan level mikroskopis. Selain itu, siswa memunculkan berbagai tema dan sub tema pada ketiga level representasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Dr. Afrizal, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 06:19
Last Modified: 17 May 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28400

Actions (login required)

View Item View Item