Penerapan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) Pada Praktikum Termokimia Dalam Upaya Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMAN 54 Jakarta

GARNIS RAHAYU HAKIM, . (2015) Penerapan Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) Pada Praktikum Termokimia Dalam Upaya Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMAN 54 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (76kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan strategi penerapan pendekatan SWH yang dapat membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan kepada 33 siswa kelas XI SMAN 54 Jakarta pada Agustus - Desember 2014. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3. Penerapan pendekatan SWH pada praktikum menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Indikator kemampuan berpikir krtitis siswa yang diteliti adalah menyimpulkan, membangun keterampilan dasar, memberikan penjelasan sederhana, memberikan penjelasan lanjut, mengatur strategi dan taktik. Hasil dari siklus I hanya 2 indikator yang mencapai melebihi 60% siswa, yaitu indikator menyimpulkan 69,7% siswa dan membangun keterampilan dasar 62,1% siswa. Tiga indikator lainnya belum melebihi 60%. Berdasarkan hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II dilakukan perbaikan antara lain pengelompokan kembali siswa dengan merata, diskusi pertanyaan awal, prosedur kerja, dan data yang akan diamati dilakukan di pertemuan sebelum praktikum. Hasil dari siklus II semua indikator melebihi dari 60% dan terjadi peningkatan signifikan pada indikator menyimpulkan dan membangun keterampilan dasar yaitu 84,8% dan 71,2%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada semua indikator. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat dibangun dengan strategi praktikum dengan pendekatan SWH, yaitu dengan cara: pengelompokan siswa yang merata dimana dalam satu kelompok terdapat siswa yang aktif dan pasif, diskusi pertanyaan awal, prosedur kerja, dan data yang akan diamati dilakukan sebelum praktikum, kemudian siswa melakukan praktikum, siswa mendiskusikan hasil pengamatan dan membandingkannya sehingga terjadi penambahan informasi atau pembetulan informasi jika terjadi perbedaan data, dan siswa menuliskan laporan sesuai dengan pendekatan SWH.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sondang N. Sihombing, M.Pd. ; 2). Dr. Erdawati, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 06:43
Last Modified: 17 May 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28408

Actions (login required)

View Item View Item