HUBUNGAN ANTARA L’ESTIME DE SOI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PRODUCTION ORALE IV MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN BAHASA PRANCIS

FIARY JULIAN NURIZA, . (2015) HUBUNGAN ANTARA L’ESTIME DE SOI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PRODUCTION ORALE IV MAHASISWA TINGKAT II JURUSAN BAHASA PRANCIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Curriculum Vitae - Fiary Julian Nuriza.pdf

Download (95kB)
[img] Text
FIARY JULIAN NURIZA, Abstrak - Skripsi, Jurusan Bahasa Prancis, FBS - UNJ, Juni 2015.pdf

Download (172kB)
[img] Text
FIARY JULIAN NURIZA, Skripsi, Jurusan Bahasa Prancis, FBS - UNJ, Juni 2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara l’estime de soi terhadap hasil belajar pada mata kuliah produciton orale IV mahasiswa tingkat II Jurusan Bahasa Prancis. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan data yang diperoleh dari kuesioner l’estime de soi pada mahasiswa tingkat II yang mengikuti mata kuliah Production Orale IV dan nilai ujian akhir semester mata kuliah Production Orale IV. Uji coba dilakukan kepada 30 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling yakni pada mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis tingkat III. Sedangkan untuk sampel pengambilan data sebenarnya menggunakan 31 mahasiswa tingkat II yang mengikuti mata kuliah Production Orale IV semester 102. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pearson Product Moment Correlation dengan taraf signifikansi α = 0,05. Setelah itu, dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas pada instrumen kuesioner l’estime de soi. Diperoleh 21 butir pernyataan yang valid untuk pengambilan data sebenarnya. Hasil penghitungan reliabilitas didapat nilai sebesar 0,876 pada 12 butir pernyataan dalam dimensi self-efficacy dan nilai sebesar 0,760 pada 12 butir pernyataan dalam dimensi self-respect, sedangkan rtabel sebesar 0,361 yang menunjukkan bahwa rhitung > rtabel. Hal tersebut membuktikan bahwa instrumen dapat digunakan untuk pengambilan data. Uji normalitas data menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov dengan n = 31 dan taraf α = 0,05 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,14 menandakan nilai p > 0,05 dan membuktikan bahwa data l’estime de soi berdistribusi normal. Sedangkan untuk instrumen nilai ujian akhir semester Production Orale IV diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,80 membuktikan bahwa data berdistribusi normal. Untuk mengetahui hasil korelasi antara variabel X dan Y, digunakan rumus Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program IBM SPSS 19 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil koefisien yang didapat adalah 0,105. Sedangkan menurut tabel, besar interpretasi nilai r dengan n = 31 adalah 0,355. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung < rtabel, maka berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan. Dengan demikian, H0 yang mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara l’estime de soi terhadap hasil belajar pada mata kuliah production orale IV mahasiswa tingkat II Jurusan Bahasa Prancis UNJ diterima dan H1 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd. ; 2). Subur Ismail, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 02:14
Last Modified: 18 May 2022 02:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28420

Actions (login required)

View Item View Item