MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEMA SCHULE DENGAN PERMAINAN KUIS INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA KELAS X

WIDYA NOVIYANTI WULANDARI, . (2015) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA TEMA SCHULE DENGAN PERMAINAN KUIS INTERAKTIF UNTUK SISWA SMA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I_II_III_IV_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)

Abstract

Ada empat keterampilan bahasa yang harus dimiliki siswa dalam pembelajar�an bahasa Jerman, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Melalui empat keterampilan tersebut diharapkan siswa dapat berkomuni�kasi secara lisan maupun tulisan. Membaca merupakan salah satu keterampilan penting, karena siswa dapat memperoleh informasi baru dan penting melalui membaca. Agar dapat meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa dalam mem�baca, maka siswa dilatih dengan permainan kuis interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang model pembelajaran keterampilan membaca teks tema Schule dengan permainan kuis interaktif untuk siswa SMA kelas X. Metode pene�litian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik studi pus�taka. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan, bahwa tahap-tahap model pem�belajaran keterampilan membaca teks tema Schule dengan permainan kuis interak�tif ini disusun dalam tiga kegiatan pembelajaran, yaitu: (1) Kegiatan Pendahuluan, (2) Kegiatan Inti, (3) Kegiatan Penutup. Penggunaan permainan kuis interaktif akan diterapkan pada kegiatan inti. Tahap-tahap permainan terdiri dari tiga tahap�an, yaitu tahap pengantar permainan, tahap pelaksanaan permainan dan tahap penutup permainan. Model pembelajaran keterampilan membaca dengan permain�an kuis interaktif disusun dalam dua Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan alokasi waktu masing-masing 3 x 45 menit. Adapun materi pembelajaran yang digunakan sesuai dengan silabus Kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dan bersumber dari buku Kontakte Deutsch 1 dan Ideen 1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Azizah H. Siregar, M.Pd. ; 2). Aulia Purnamasari, S. Pd., M. Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 06:45
Last Modified: 18 May 2022 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

View Item View Item