PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

BARKAH SHOLIHAT, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN Karang Satu 02 Kabupaten Bekasi dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa pada setiap kelasnya. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi analisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model cooperative learning tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitung lebih dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 3,72 > 2,68 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 22,72 > 18,88. This research aims to know the effect of using cooperative model type TGT (Team Games Tournament) against science learning result for grade IV primary school students.This research used IV A and IV B Students in Karang Satu 02 Primary School with numbers of 25 each class as a sample. Simple random sampling is using for the sample taking in this research. The method which be used is Experiment method with postest-only control design. Analysis Observation is used to collect the data with using uji-t.The result of this research shown that there are a significant impact in cooperative learning model type TGT (Team Games Tournament) against science learning result for grade IV Primary School Student. This result shown from uji-t with t-count is more than t-table at α = 0.05 which is 3.72 > 2.68 and the average score of science learning result in experiment class is more higher than control class which is 22.72 > 18.88.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:09
Last Modified: 19 May 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28442

Actions (login required)

View Item View Item