PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA MTs. NEGERI 20 JAKARTA

ARINI KHOIRIYATI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA MTs. NEGERI 20 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Arini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Negeri 20 Jakarta pada bulan Maret 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Negeri 20 Jakarta. Pengukuran hasil belajar dilaksanakan di akhir siklus dengan memberikan tes akhir yang sesuai dengan materi pelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi dan 4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan disetiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menggunakan metode discovery learning yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siklus I ini mencapai rata-rata nilai 80. Nilai ini telah mencapai hasil yang diharapkan namun beberapa siswa belum mencapai nilai standar karena penerapan metode yang belum maksimal dan tidak terbiasa menggunakan metode ini. Dan pada siklus II, peneliti melaksanakan proses pembelajaran Bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I, yang membedakan adalah peneliti memberikan metode discovery learning secara lebih bervariasi, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 91,7 dengan kenaikan 11,7 point. Indikator pencapaian yang berhasil diraih pada siklus I adalah 75,7% dari KKM 75 dan meningkat pada siklus II menjadi 89,2% . Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs. Negeri 20 Jakarta. Implikasi dari hasil penelitian menggunakan metode Discovery Learning menunjukkan bahwa metode Discovery Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru Bahasa Arab dan mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab Siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa MTs. Negeri 20 Jakarta. Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran Bahasa Arab agar siswa lebih senang dan lebih mudah dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 14:53
Last Modified: 16 Jan 2020 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item