PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN MOTOR DIESEL UNTUK SISWA KELAS XI SMK

WICAKSONO T.P, . (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN MOTOR DIESEL UNTUK SISWA KELAS XI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dalam lepajaran. Video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk Dolby Video Digital (DVD) dengan format MPEG 4 (MP4) yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif dalam proses pembelajaran. Model yang digunakan pengembangan video pembelajaran ini adalah model Baker And Schultz yang memiliki 7 tahap yaitu : tahap perumusan, spesifikasi langkah, uji coba soal, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, dan analisi operasi. Hasil penelitian didapatkan setelah melewati beberapa tahap evaluasi antara lain evaluasi oleh ahli materi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan, dan evaluasi lapangan yang dilakukan oleh siswa sebagai respoden sebanyak 15 orang yang keseluruhannya adalah siswa kelas XI SMK Teknik Kendaraan Ringan. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah, pada tahapan evaluasi ahli materi diperoleh nilai 4,37 hingga bisa dikatakan video ini sangat layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Kemudian evaluasi lapangan dibagi menjadi dua tahap yaitu Pre test dan Post test. Pada tahapan Pre test rata-rata hasil belajar siswa adalah 26,91 yang berarti rata-rata nilai siswa adalah 59, sedangkan hasil belajar siswa pada tahapan Post Test adalah 39,38 yang berarti rata-rata nilai siswa adalah 87. Maka dapat dinyatakan video pembelajaran ini cukup efektif dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Imam Mahir S.Pd.,M.Pd ; 2). Dr. Riza Wirawan, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:35
Last Modified: 19 May 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28451

Actions (login required)

View Item View Item