PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI LAGU –LAGU DAERAH MELALUI PRAKTIK MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN (sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VA SD St. Vincentius Jakarta Timur Semester II tahun ajaran 2014 – 2015)

YULIANUS SANGGU R. DEMU, . (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI LAGU –LAGU DAERAH MELALUI PRAKTIK MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN (sebuah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VA SD St. Vincentius Jakarta Timur Semester II tahun ajaran 2014 – 2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Yulianus Sanggu R. Demu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah praktik musik ansambel campuran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Manfaatnya antara lain, meningkatkan mutu pendidikan sekolah khususnya dalam bidang seni musik, membantu guru dalam pengembangan kreatifitas dan inovasi dalam pembelajaran di kelas, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD St. Vincentius yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar St. Vincentius Jalan Otista Raya, kelurahan Bidaracina, kecamatan Jatinegara, kota Jakarta Timur, Propinsi DKI Jakarta dan berlangsung sejak tanggal 1 Februari 2015 sampai tanggal 31 Mei 2015 Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan motivasi belajar siswa.Pada siklus I terjadi peningkatan nilai motivasi belajar siswa sebesar 55 % dan peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 52 %. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai motivasi belajar siswa sebesar 91 % dan peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 82 %. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik musik ansambel campuran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VA SD St. Vincentius Jakarta Timurdalammempelajarilagu - lagudaerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). DidinSupriadi, S.Sen, M.Pd. ; 2). Lucy Martiati, Nst,M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:38
Last Modified: 19 May 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28452

Actions (login required)

View Item View Item