MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SUBTEMA ESSEN UND TRINKEN DENGAN BANTUAN VIDEO KAFFEE UND KUCHEN PADA SISWA KELAS XI

YUNITA ANGGRAINI, . (2015) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SUBTEMA ESSEN UND TRINKEN DENGAN BANTUAN VIDEO KAFFEE UND KUCHEN PADA SISWA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK,PENGESAHAN,ZF.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I - IV.pdf

Download (392kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Jerman terdapat empat keterampilan yang harus dipelajari, yakni keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai adalah penguasaan keterampilan berbicara. Agar dapat mempermudah siswa dalam menguasai keterampilan berbicara, maka materi pelajaran dapat disampaikan melalui bantuan media video. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model pembelajaran keterampilan berbicara subtema Essen und Trinken dengan menggunakan video Kaffee und Kuchen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan, bahwa tahap-tahap model pembelajaran keterampilan berbicara dengan bantuan video Kaffee und Kuchen disusun dalam tiga tahapan pembelajaran: 1) Tahap Pendahuluan atau Einstieg, 2) Tahap Inti terdiri dari kegiatan mengamati (Präsentation), menanya, mengumpulkan dan mengasosiasi (Semantisierung), serta mengkomunikasikan (Üben), 3) Tahap Penutup atau Anwendung. Penggunaan media video Kaffee und Kuchen akan diterapkan pada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan dan mengasosiasi. Model pembelajaran ini akan disusun dalam satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan alokasi waktu 4 x 45 menit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd. ; 2). Dra. Ellychristina DH, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 03:17
Last Modified: 19 May 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28457

Actions (login required)

View Item View Item