PENINGKATAN PEMAHAMAN MENYIMAK BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE DICTOGLOSS PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ZULTIAR MUKTAMAR, . (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN MENYIMAK BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE DICTOGLOSS PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Zultiar Muktamar.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman menyimak bahasa arab menggunakan metode Dictogloss pada mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta, selama empat bulan, dari bulan Maret hinga bulan Juni 7151. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindak Kelas ( PTK ) Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melaui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan dua siklus. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata pemahaman menyimak bahasa Arab pada mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Tahun Pertama Universitas Negeri Jakarta adalah 20,17, pada siklus II nilai rata-rata menyimak bahasa Arab pada mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Tahun Pertama Universitas Negeri Jakarta meningkat menjadi 71,17. Dengan demikian, maka terjadi peningkatan pemahaman menyimak bahasa arab pada mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Tahun Pertama Universitas Negeri Jakarta. Dengan metode Dictogloss pada ujian pemahaman menyimak Siklus I mencapai rata – rata nilai 20,17. Nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan, karena para mahasiswa belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan metode ini. Dan pada Siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran menyimak dengan langkah ل – langkah yang telah dilaksanakan pada Siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan gambar-gambar dalam kosakata dan pembelajaran yang cooperative, sehingga mahasiswa tidak merasakan kebosanan, dan terpecahnya konsentrasi mereka. Dan cara seperti inilah yang menjadikan mahasiswa mampu untuk meningkatkan pemahaman menyimak bahasa Arab. Dan Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa metode Dictogloss yang diterapkan dalam pembelajaran menyimak bahasa Arab merupakan metode pembelajaran bahasa yang memiliki tehnik pembelajaran yang dibagi dalam empat tahap yaitu : Preparation Stage, Listening Procedure, Reconstruction, Analysis and Correction. Hal inilah yang dapat menyimpulkan bahwa metode Dictogloss ini dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman menyimak bahasa Arab, maka dari itu metode Dictogloss ini juga dapat diaplikasikan dalam keterampilan bahasa lainnya pada mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Aziz Ritonga, M. Ag. ; 2). Drs. Romdani, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:20
Last Modified: 20 May 2022 03:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item