SIKAP PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP AKSESORIS DARI LIMBAH KULIT SINGKONG

YUNITA SINTHA DEWI, . (2015) SIKAP PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP AKSESORIS DARI LIMBAH KULIT SINGKONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SIKAP PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP AKSESORIS DARI LIMBAH KULIT SINGKONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data tentang sikap penerimaan konsumen terhadap aksesoris dari limbah kulit singkong. Penelitian dilakukan di Kampus A Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur pada semester genap tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Tata Busana angkatan 2008-2011 yang berumur 20-30 tahun dengan jumlah 180 orang. Variabel penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu sikap penerimaan konsumen terhadap aksesoris dari limbah kulit singkong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Kuesioner yang terbagi menjadi 3 indikator yaitu, penilaian konsumen tentang atribut produk, perasaan konsumen dan kesediaan konsumen. Skala penelitian yang digunakan adalah skala likert yang digunakan untuk mengukur sikap. Analisis datanya adalah analisis data deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator penilaian konsumen terhadap atribut produk terbilang baik dengan persentase 21% responden sangat setuju, 78.2% responden setuju dan 0.8% responden tidak setuju. Pada indikator perasaan konsumen ditunjukkan 15.1% responden sangat setuju dan 84.9% setuju. Dan pada indikator kesediaan konsumen, 24.4% responden sangat setuju, 74.8% setuju dan terdapat 0.8% responden tidak setuju. Dari ketiga indikator yang memiliki pengaruh besar pada sikap penerimaan adalah perasaan konsumen terhadap aksesoris dari limbah kulit singkong. Jika suatu produk mampu memberikan perasaan senang terhadap perasaan konsumen, maka konsumen akan memberikan penilaian yang baik terhadapa atribut produk dan bersedia menggunakannya. Sikap penerimaan konsumen terhadap aksesoris bros dan kalung adalah yang paling tinggi karena bentuk dan warnanya memberikan perasaan senang kepada konsumen. Maka disimpulkan bahwa sikap penerimaan konsumen terhadap aksesoris dari limbah kulit singkong sangatlah baik. ************* *This study aimed to obtain and analyze data about consumer acceptance attitude towards cassava skin waste accessories. The research was conducted in Campus A, Fashion Studies Program, University of Jakarta, East Jakarta at the second semester on 2015. The research method used descriptive method with the quantitative survey techniques. Population in this research was fashion college student class 2008-2011 between the aged of 20 until 30 years and the number of population was 180 people. The variable of this research was a single variable that was consumer acceptance attitude towards cassava skin waste accessories. The research instrument was using questionnaire which was divided into three indicators, namely, consumers assessment of product attributes, consumer feeling and the willingness of consumers. The research scale was Likert scale which is use to measure attitudes. Data analysis was descriptive data analysis. The results showed that the indicator of consumers' assessment of product attributes fairly well with the percentage of 21% of respondents strongly agreed, 78.2% of respondents agree and 0.8% of respondents disagreed. On consumer feeling indicator showed 15.1% of respondents strongly agreed and 84.9% agreed. And on consumers' willingness indicator, 24.4% of respondents strongly agreed, 74.8% disagreed and there are 0.8% of respondents disagreed. From the three indicators, which have a major influence on consumer acceptance attitude was consumer feeling about cassava skin waste accessories. If a product can provide a sense of excitement to the feelings of the consumer, then the consumer will give a good assessment to product attribute and consumer are willing to use it. Consumer acceptance attitude of brooche and necklace were the highest because of the shape and the color give a sense of excitement to the consumer. Then we can concluded that consumer acceptance attitude toward cassava skin waste accessories was very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Vivi Radiona, SP, M.Pd. ; 2). Esty Nurbaity, M.KM.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 03:17
Last Modified: 19 May 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item View Item