PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA

HENDRIK ONGKI SUWITO, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover LKS Discovery Learning.pdf

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
behind cover lks.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Hendrik_Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar pendukung kurikulum 2013 berupa lembar kerja siswa berbasis discovery learning pada pokok bahasan momentum dan impuls. Bahan ajar dan strategi pembelajaran merupakan komponen-komponen terpenting dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Namun, masih saja dijumpai di beberapa sekolah menggunakan strategi pembelajaran yang membosankan dan bahan ajar monoton. Umumnya, guru menggunakan metode pembelajaran berupa ceramah yang mengakibatkan siswa kurang berperan aktif. Di sisi lain, bahan ajar berupa LKS kompetensi yang selama ini sering terdengar hanya berisi latihan soal-soal. Sehingga, LKS bisa dikembangkan menjadi bahan ajar yang menarik dengan strategi pembelajaran discovery learning yang menuntun siswa belajar aktif dalam menemukan pemahamannya sendiri pada materi momentum dan impuls. Sedangkan, media pembelajaran PhET berfungsi sebagai alat bantu dalam KBM, sarana yang memberikan pengalaman visual berupa simulasi komputer dan mendorong motivasi siswa dalam belajar, memperjelas dan mempermudah pemahaman yang kompleks menjadi sederhana. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri dari 5 tahap , yaitu : 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli, dan 4) uji coba lapangan skala. Dari hasil analisis kebutuhan siswa dan guru fisika didapatkan 79,31% “sangat setuju” membutuhkan LKS discovery learning. Berdasarkan uji validasi ahli materi didapatkan rata-rata 93,75% dan menurut ahli media pembelajaran rata-rata 87,50%. Sedangkan, menurut validasi guru fisika SMA menunjukan presentase rata-rata capaian sebesar 87,50%. Sehingga, dapat diinterpretasikan bahwa LKS discovery learning yang dikembangkan sudah layak dan dapat digunakan di pembelajaran momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mangasi A. Marpaung, M.Si. ; 2). Dr.rer.nat Bambang Heru I., M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:23
Last Modified: 20 May 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item