PENERAPAN PENDEKATAN DILEMMA STORIES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KARAKTER PADA MATERI POLIMER DAN KARBOHIDRAT DI SMAN 107 JAKARTA KELAS XII IPA 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HERIYANTI, . (2015) PENERAPAN PENDEKATAN DILEMMA STORIES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KARAKTER PADA MATERI POLIMER DAN KARBOHIDRAT DI SMAN 107 JAKARTA KELAS XII IPA 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I-Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lembar pengesahan-daftar lampiran.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 107 Jakarta di semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini berfokus kepada penerapan pendekatan dilemma stories dalam pembelajaran kimia yang berbasis karakter dilihat dari sikap positif siswa dan optimalisasi pemahaman siswa terhadap konsep polimer dan karbohidrat. Cerita dilema yang digunakan yaitu styrofoam, plastik, dan pemanis buatan. Cerita dilema styrofoam dibacakan oleh guru sedangkan cerita dilema plastik dan pemanis buatan dibacakan oleh siswa. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan reflektif jurnal serta Constructivist Chemistry Values Learning Environment Survey (CCVLES). Analisis data menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan efektivitas pendekatan dilemma stories yang dapat dilihat dari (1) Perasaan terkait cerita dilema; (2) Isi cerita dilema: (3) Dukungan guru dalam pembelajaran; (4) Kemampuan kerja sama; (5) Kemampuan empati komunikasi; (6) Kemampuan berpikir kritis; (7) Aplikasi kimia kontekstual; (8) Optimalisasi pemahaman konsep. Peneliti mengidentifikasi perkembangan siswa dalam merefleksikan ide-ide dan karakter yang sangat berguna untuk kehidupan di masa mendatang. Penelitian ini menemukan implikasi lain seperti kepercayaan diri dan kepedulian lingkungan yang meningkat dalam pembelajaran polimer dan karbohidrat dengan pendekatan dilemma stories. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam efektivitas pendekatan dilemma stories perlu peningkatan kualitas cerita dilema yang terkait dengan kehidupan sehari-hari dan dukungan guru selama pembelajaran sesuai dengan konsep yang akan disajikan. Dengan demikian pendekatan dilemma stories dengan metode Think Pair Share pada Polimer dan Karbohidrat dapat dijadikan sebagai alternative metode pembelajaran di sekolah. This research is a classroom action research that held in twelve exact two class of 107 Senior High School Jakarta in the second semester of academic year 2014-2015. This research focused on aplication of dilemma stories approach in chemistry learning that based of character seen from the positive attitude of students and optimization student’s understanding to polymer and carbohydrates concept. Dilemma stories that used are styrofoam, plastic, and artificial sweeteners. Styrofoam dilemma stories read by teacher, at the same time the plastics and artificial sweeteners dilemma stories read by students. Data collection method through interviews, observations, and reflective journals and Chemistry Values Constructivist Learning Environment Survey (CCVLES). The data analysis concludes that the increased effectiveness of the dilemma stories approach can be seen from (1) related feeling dilemma story,(2) dilemma story content, (3) teachers’ support in learning (4) The ability of teamwork, (5) The ability of empathy communication; (6) critical thinking skills, (7) Applications chemistry’s contextual, and (8) Optimization of concept’s understanding. Researchers identification student’s progress in reflection ideas and characters that are very useful for life in the future. This research found other implications like self confident and caring environment that increases in carbohydrate and polymers learning with dilemma stories approach. This research also found that the effectiveness of dilemma stories approach need improving the quality of dilemmas story that associated with daily living and teacher’s support during learning appropiate with concept that will be presented. Thus, the dilemma stories approach with Think Pair Share methods on polymers and carbohydrates can be used as learning method in school.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Nurbaety M.Si. ; 2). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:35
Last Modified: 20 May 2022 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28473

Actions (login required)

View Item View Item