PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X SMAN 30 JAKARTA PADA MATERI STOIKIOMETRI

HOLISOH MAULIDA TANSAH, . (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STOIKIOMETRI PADA SISWA KELAS X SMAN 30 JAKARTA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HOLISOH MAULIDA TANSAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (193kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking pada materi stoikiometri di SMA Negeri 30 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui PTK (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu pembelajaran inovatif Deep Dialogue/Critical Thinking. Indikator hasil belajar siswa diukur melalui : Ranah afektif meliputi; perhatian siswa, keaktifan siswa, kepuasan siswa. Pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 66,3. Pada siklus II terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 81,8, juga terjadi peningkatan ketercapaian pada tiap indikator hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat diperoleh dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan presentasi secara berkelompok pada proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 30 Jakarta pada materi stoikiometri. *********** The method used was qualitative descriptive through CAR (Classroom Action Research). This study was consisted of two cycles. The learning model used in this study was Deep Dialogue / Critical Thinking innovative learning. Indicators of student learning outcomes were measured through: affective sphere include; student attention, student activity, student satisfaction. In the first cycle an average score of student learning outcomes was equal to 66.3. In the second cycle an increase in the average score of student learning outcomes that was 81.8, also an increase achievement on each indicator of student learning outcomes. This improvement can be obtained by involving students actively in the activities of the presentation in groups on the learning process. The results showed that the learning through Deep Dialogue / Critical Thinking (DD / CT) can increase student of 30 Senior High School Jakarta learning outcomes on stoichiometric material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sukro Muhab, M.Si. ; 2). Irma Ratna K., M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 03:27
Last Modified: 19 May 2022 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28477

Actions (login required)

View Item View Item