ANALISIS MORFOLOGI PADA KOSAKATA YANG DIHASILKAN DARI PERMAINAN SCRABBLE OLEH MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MEILINDA HERDAYATI, . (2015) ANALISIS MORFOLOGI PADA KOSAKATA YANG DIHASILKAN DARI PERMAINAN SCRABBLE OLEH MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_Meilinda Herdayati_2715110031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi data tentang klasifikasi secara morfologi pada kosakata yang dihasilkan dari permainan scrabble agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Sharaf bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi dalam permainan scrabble yang terbentuk dari permainan tersebut kosakata bermacam-macam diantaranya isim (kata benda), IL¶LO (kata kerja), dan huruf. Penelitian ini terfokus pada analisis mRUIRORJLSDGDNRVDNDWD\DQJGLKDVLONDQGDasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Adapun untuk menjelaskan hasil penelitian dengan terperinci digunakan tabel. Seperti yang telah diketahui bahwa kosakata yang telah terbetuk dari permainan scrabble ini adalah sebanyak 287 kata, yang diantaranya 117 isim (kata benda) atau 41%, 161 IL¶LO (kata kerja) atau 56%, dan 9 huruf atau 3%. Dan terdapat penambahan atau perubahan-perubahan pada kata dalam permainan yaitu perubahan dari isim ke isim, IL¶LO ke isim, IL¶LO ke IL¶LO , isim ke IL¶LO , dan huruf ke huruf. Adapun implikasinya pada pembelajaran sharaf pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta adalah hendaknya kosakata yang dihasilkan dari permainan scrabble ini yang terdapat bentuk-bentuknya, wazan-wazannya, pembagian, dan manfaatnya dimasukkan dalam materi pembelajaran khususnya dalam permbelajaran sharaf. Dan guru bisa menggunakan permainan scrabble ini sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Shafruddin Tadjuddin, M.A. ; 2). R.A Barnabas, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:44
Last Modified: 20 May 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28480

Actions (login required)

View Item View Item