PELATIHAN HYPNOPARENTING DENGAN PENDEKATAN ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENDIDIK ANAK

DEWI FEBRILIA ASTUTI, . (2015) PELATIHAN HYPNOPARENTING DENGAN PENDEKATAN ANDRAGOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENDIDIK ANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelatihan hypnoparenting diadakan untuk membantu permasalahan orang tua dalam mendidik anak. Permasalahan orang tua dalam mendidik adalah orang tua yang keduanya bekerja menitipkan anak untuk diasuh oleh baby sitter, asisten rumah tangga atau anggota keluarga lain seperti nenek, peran orang tua dalam mendidik digantikan oleh uang dan kesalahan orang tua dalam mendidik anak yaitu inkonsistensi, membanding-bandingkan dan terlalu banyak intervensi. Akibat dari kesalahan orang tua dalam mendidik anak dapat menimbulkan terjadinya kenakalan remaja seperti narkoba, pergaulan bebas, tawuran dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mendidik anak bagi orang tua. Melalui pelatihan hypnoparenting dengan pendekatan andragogi ini diharapkan para orang tua memiliki pemahaman khususnya tentang mendidik anak dengan pemahaman yang orang tua dapatkan sebelumnya. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu terkait dengan upaya peningkatan pemahaman dalam mendidik anak melalui pelatihan hypnoparenting dengan pendekatan andragogi pada orang tua di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan one- group, pre test- post test design, dimana perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pelatihan hypnoparenting dengan pendekatan andragogi bagi orang tua yang telah dirancang oleh peneliti. Penelitian ini diterapkan pada orang tua yang bertempat tinggal di Kelurahan Cipinang Melayu terhitung dari bulan Februari 2015 s.d. Mei 2015. Subyek penelitian ini adalah orang tua yang bertempat tinggal di Kelurahan Cipinang Melayu yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket, observasi, serta tes hasil belajar, atau yang biasa disebut dengan multi instruments. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari pelatihan hypnoparenting ini diperoleh melalui pre test dan post test terhadap orang tua, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji pemahaman pada pre test sebesar 61,23 dari 30 item soal yang diujikan, dan pada post test terjadi kenaikan sebanyak 18,6 poin (30,38 %) yaitu mencapai 79,83. Sedangkan data mengenai peningkatan pemahaman khususnya mendidik anak, diperoleh dengan menggunakan pendekatan onegroup, pre test- post test design, yakni 61,23 x 79,83 = 4887,99. Melalui penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan hypnoparenting dengan pendekatan andragogi mampu meningkatkan pemahaman mendidik anak bagi orang tua. Hal ini berarti bahwa tujuan dari penelitian ini telah “tercapai” Hypnoparenting training was held to help the problems of parents in educating children. The problems of parents in educating both parents are working entrust the child to be raised by nannies, an assistant household or other family members such as grandmothers, the role of parents in educating replaced by money and errors of parents in educating children is the inconsistency, comparing and too much intervention. The consequences of errors of parents in educating children can lead to a drug such as juvenile delinquency, promiscuity, and other fights. This study aims to improve understanding of educating children for parents. Through training hypnoparenting andragogy approach is expected of the parents have an understanding specifically about educating children with the understanding that parents get before. The formulation of the problem in this study is related to enhancing the understanding of educating children through training hypnoparenting with andragogy approach in the elderly in Cipinang Melayu, East Jakarta. This research was conducted with one- group approach, pre test-post test design, where the treatment is performed in this study with the approach andragogy hypnoparenting training for parents that have been designed by researchers. This study applied to parents who reside in Cipinang Melayu commencing from the month February 2015 s/d May 2015. The subjects of this study were parents who reside in Cipinang Melayu totaling 30 people. Collecting data in this study using questionnaires, observations, as well as the achievement test, or commonly referred to as multi instruments. Data analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis. Results from this hypnoparenting training obtained through the pre-test and post-test to parents, then the average values obtained from tests of understanding on the pre-test of 61.23 out of 30 questions that tested items, and the post test occurred an increase of 18.6 points (30.38%), reaching 79.83. While data on the improved understanding, especially to educate children, obtained using one- group approach, pre testpost test design, which is 61.23 x 79.83 = 4887.99. Through this research can be concluded that the training hypnoparenting andragogy approach can improve the understanding of parenting for parents. This means that the goal of this research has "achieved".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M.Si ; 2). Karta Sasmita, M.Si, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:55
Last Modified: 20 May 2022 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item