PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP

IIS ISMAYATI, . (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan LKS ini adalah lingkaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam tahap, yaitu melakukan analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan perorangan, uji coba lapangan skala kecil, dan uji coba lapangan skala besar kepada siswa dan guru. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 88,36% maka kategori yang diperoleh sangat baik. LKS yang dikembangkan sesuai dengan Kurikulum 2013 dan bahasa yang digunakan dalam LKS sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 81,32% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Penyajian dan desain LKS sudah proporsional. Berdasarkan hasil uji coba lapangan perorangan, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 81,81% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 82,94% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar kepada siswa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 86,30% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Siswa merasakan adanya manfaat LKS dan tertarik dengan adanya penggunaan LKS. Berdasarkan hasil uji coba kepada guru, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 93,07% maka kategori yang diperoleh sangat baik. LKS yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami oleh siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Fariani Hermin Indiyah, M. T. ; 2). Med Irzal, M. Kom.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:57
Last Modified: 20 May 2022 03:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28486

Actions (login required)

View Item View Item