KEGIATAN PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP PELITA TIGA JAKARTA TIMUR SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2014/2015

GATOT PRANOTO, . (2015) KEGIATAN PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL CAMPURAN DENGAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP PELITA TIGA JAKARTA TIMUR SEMESTER II (DUA) TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GATOT PRANOTO (2815096465).pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pembelajaran praktik musik ansambel campuran yang dilakukan guru dengan menerapkan metode kooperatif learning tipe Jigsaw di kelas VIII. Jigsaw membagi beberapa kelompok menjadi tahap ahli, murid-murid yang pintar mengajarkan keahlian, kemudian bergilir pada kelompok lainnya. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu, memantau pembelajaran musik ansambel campuran yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe Jigsaw di kelas VIII SMP Pelita Tiga Jakarta Timur. Hasil penelitian menunjukan, dengan metode kooperatif learning tipe Jigsaw pembelajaran lebih efektif, yakni penguasaan materi, dan keterampilan siswa lebih cepat dikuasai. Siswa termotivasi untuk belajar bersama dan dapat belajar dari teman yang pandai. Selain itu siswa juga menjadi aktif, dengan cara ini keterampilan, pengetahuan yang diperoleh akan diaplikasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Caecilia Hardiarini, M.Pd. ; 2). Dra. Sri Hermawati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:58
Last Modified: 20 May 2022 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28488

Actions (login required)

View Item View Item