HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN SIKAP MAHASISWA BIOLOGI UNJ DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT

IKE INDAH WULANDARI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN SIKAP MAHASISWA BIOLOGI UNJ DALAM MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_Ike Indah Wulandari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman adalah salah satu faktor yang mempengaruhi sikap seseorang. Pemahaman mengenai kesehatan gigi dan mulut yang dimiliki seseorang seharusnya dapat membuatnya bersikap lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman kesehatan gigi dan mulut dengan sikap mahasiswa biologi UNJ dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2014 di Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi dengan teknik survei. 90 sampel mahasiswa Biologi diambil secara simple random sampling. Pengambilan data menggunakan tes pemahaman kesehatan gigi dan mulut dan kuesioner sikap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Uji normalitas menyatakan bahwa data tidak berdistribusi normal sehingga dilakukan uji non parametrik dengan uji korelasi Spearman’s rho. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan korelasi negatif antara kedua variabel dengan rxy sebesar - 0,04, yang berarti bahwa semakin baik pemahaman kesehatan gigi dan mulut menyebabkan sikap yang lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pemahaman hanya berkontribusi sebesar 0,16% dalam pembentukan sikap seperti yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang sangat lemah antara pemahaman kesehatan gigi dan mulut dengan sikap mahasiswa biologi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Refirman Dj., M.Biomed. ; 2). Dian Evriyani, S.Kp., M.B.Sc.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:30
Last Modified: 20 May 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28492

Actions (login required)

View Item View Item