HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD (Studi Korelasi di Kelurahan Warakas Jakarta Utara)

DEWI ROSMAWATI, . (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD (Studi Korelasi di Kelurahan Warakas Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dewi Rosmawati.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Populasi penelitian adalah siswa kelas kelas IV Sekolah Dasar Di Kelurahan Warakas. Sampel berjumlah 60 siswa Sekolah Dasar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri tahun ajaran 2014-2015 yang diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengisisan angket. Analisis data menggunakan statistik korelasi dengan regresi sederhana dengan tahap signifikan α = 0,05. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA kelas IV, diperoleh koefisien korelasi r = 0.573 dan persamaan regresi sederhana Ŷ = 2.15 + 0.25X dengan indeks determinasi 32.83%. Berdasarkan hal ini di atas maka implikasi hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar dapat meningkat jika ada bimbingan orang tua. ********* The research aims to determine is there a student’s perception of parental guidance with science learning outcomes elementary school IV grade. The study population was a student elementary school IV grade at Warakas village, North Jakarta. The sample were 60 student for IV grade at SDN Warakas school year 2014-2015, which taken by cluster random sampling. The method of research used kuantitatif with correlation techniques. The data collected by using a filling the questionnaire. Data analysis using statistical correlation and simple regression with a significant phase of α = 0.05. This study gave the following result there is a significant student’s perception of parental guidance with science learning outcomes elementary school IV grade. Retrieved correlation r = 0.573 and regression simple equation Ŷ = 2.15 + 0.25X with 32.83% donation. Based on the above implications of the result is science learning outcomes elementary school IV grade can be increased if parental guidance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd. ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:33
Last Modified: 20 May 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28493

Actions (login required)

View Item View Item