DEWI SETIYANINGSIH, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN CIPINANG MUARA 16 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (894kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (390kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
LEMBAR JUDUL.pdf Download (113kB) |
|
Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text
LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (142kB) |
|
Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipinang Muara 16 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan model siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I persentase jumlah siswa yang telah melampaui nilai KKM sebesar 80, adalah 15,1% dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 82,5. Sedangkan pada siklus II menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan dengan memperoleh persentase nilai 87,8% dengan nilai terendah 72,5 dan nilai tertinggi 92,5. Dengan demikian implikasi menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta termotivasi mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas. The purpose of this research is to improve student learning outcomes after following study using a model of Cooperative Learning Jigsaw on the subjects of Social Sciences Elementary School. This research was conducted at SDN 16 Pagi Cipinang Muara, East Jakarta. This study was conducted using the method of action research using the model cycle. The results showed that the data obtained in the first cycle the percentage of students who have exceeded the KKM values 80 is 15.1% with the lowest 60 and highest 82.5. While on the second cycle showed a significant increase in the percentage of the value gained 87.8% with the lowest value 72.5 and the highest value 92.5. Thus the implications of using the model of the type of jigsaw cooperative learning can improve student learning outcomes and motivated to follow the lessons of Social Sciences in the classroom.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Dewi Hartanti, M.A ; 2). Dra. Windhiyanti |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 20 May 2022 04:02 |
Last Modified: | 20 May 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28496 |
Actions (login required)
View Item |