Rahayu Ni’mal Maulaty, . (2018) PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) DAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (87kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (610kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (504kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (98kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (174kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (252kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Perwira VI Bekasi Utara. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran REACT dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh hasil thitung > ttabel (1,7832 > 1,6636), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang lebih tinggi dan signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Yetty Auliaty, M.Pd 2) Dra. Maratun Nafiah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 14:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 14:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2850 |
Actions (login required)
View Item |