PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) DAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA

Rahayu Ni’mal Maulaty, . (2018) PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) DAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (610kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (504kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Perwira VI Bekasi Utara. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran REACT dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh hasil thitung > ttabel (1,7832 > 1,6636), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang lebih tinggi dan signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yetty Auliaty, M.Pd 2) Dra. Maratun Nafiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jan 2020 14:58
Last Modified: 16 Jan 2020 14:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2850

Actions (login required)

View Item View Item