STUDI TENTANG PENDEKATAN DILEMMAS STORIES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW)

INTAN NUR AINI, . (2015) STUDI TENTANG PENDEKATAN DILEMMAS STORIES DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ASAM BASA DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INTAN NUR AINI 3315111302.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi pendekatan dilemmas stories pada materi asam basa dengan metode think talk write (TTW). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tangerang pada Januari hingga Maret 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 sebanyak 40 siswa. Cerita dilema yang digunakan adalah cerita dilema asam asetat, dilema minuman berkarbonasi, dilema obat antasida, dan dilema detergen. Metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara, penulisan reflektif jurnal siswa, serta kuesioner CCVLES. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kriteria credibility (kredibilitas) melalui prolonged engagement, progressive subjectivity dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dilemmas stories dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi asam basa. Melalui observasi kelas, wawancara, penulisan reflektif jurnal serta kuesioner CCVLES diketahui bahwa siswa tertarik dan termotivasi dalam belajar kimia melalui cerita dilema yang disajikan, siswa merasakan peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran dilemmas stories. Implikasi yang muncul dari penerapan pendekatan dilemmas stories ini yaitu pengembangan soft skills siswa berupa kemampuan bekerjasama, empati komunikasi, berpikir kritis, kimia kontekstual, rasa ingin tahu, percaya diri serta tanggung jawab dalam diri siswa. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan dilemmas stories dengan metode Think Talk Write pada materi asam basa dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma H., M.Si. ; 2). Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:01
Last Modified: 20 May 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28527

Actions (login required)

View Item View Item