KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN "JUMLAH FI’LIYAH" PADA TEKS ILMIAH BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

GITA LESTARI, . (2015) KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN "JUMLAH FI’LIYAH" PADA TEKS ILMIAH BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI GITA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai kemampuan menerjemahkan jumlah fi’liyah pada teks ilmiah. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab dari bulan maret sampai dengan juni 2015. Data yang diperoleh berupa jumlah fi’liyah sebanyak 20 soal yang terdapat pada 3 teks ilmiyah, sebagai berikut: 1)scrable 2) banjir 3) hujan, dengan kualifikasi mereka yang sudah belajar mata kuliah tarjamah I. Metode yang digunakan dalam penelitian: 1) mengumpulkan data, 2) mendeskripsikan kesalahan, 3) menghitung persentase kesalahan, 4) menganalisis kesalahan, 5) memprediksi sebab-sebab kesalahan. Berdasarkan hasil penerjemahan jumlah fi’liyah, terdapat 400 jawaban, yang terdiri dari : 1. Kesalahan penerjemahan jumlah fi’liyah pada teks ilmiah pertama yaitu kurang baik. 2. Kesalahan penerjemahan jumlah fi’liyah pada teks ilmiah pertama yaitu sangat baik. 3. Kesalahan penerjemahan jumlah fi’liyah pada teks ilmiah pertama yaitu baik. Hasil ini menunjukan bahwa, banyak dari mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta belum menguasai dan memahami dengan benar kaidah penerjemahan jumlah fi’liyah pada teks ilmiah, hal ini dapat diketahui dengan memperhatikan persentase kesalahan dengan hasil merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syamsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Siti Jubaidah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:06
Last Modified: 20 May 2022 07:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28531

Actions (login required)

View Item View Item