DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA DALAM MATERI FUNGSI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BEKASI

ISMI HANIFA, . (2015) DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA DALAM MATERI FUNGSI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori instruksional lokal pembelajaran matematika dengan menggunakan kegiatan yang berhubungan dengan penerapan pendekatan Ralistic Mathematics Education (RME) untuk mengembangkan kemampuan pemahaman relasional siswa pada pokok bahasan fungsi untuk siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 13 Bekasi. Pembelajaran matematika pada pokok bahasan fungsi di sekolah yang diberikan hanya dalam bentuk teori akan berdampak pada kurang berkembangnya nalar dan logika matematika siswa. Oleh sebab itu, diperlukan inovasi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemahaman relasional siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Bekasi dengan menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga fase. Fase pertama adalah fase persiapan dan desain, fase kedua adalah fase eksperimen mengajar, dan fase ketiga adalah fase analisis retrospektif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Video, Lembar Aktivitas, Lembar Hasil Wawancara, Lembar Catatan Lapangan, dan Hipotesis Lintasan Belajar. Validitas yang digunakan adalah validitas internal dan validitas ekologi. Sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Dalam validitas internal memperhatikan adanya triangulasi dalam melakukan penilaian maupun pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis retrospektif, aktivitas merepresentasikan diagram panah dari relasi, aktivitas menentukan mathematical operation dalam magic math box, aktivitas menentukan harga satuan permen dan harga kotak kemasan permen, aktivitas menentukan harga satuan permen dengan jumlah x permen, aktivitas menganalisa letak titik nilai variabel jika diketahui nilai fungsi, aktivitas menentukan letak titik-titik grafik fungsi konstan, dan aktivitas menentukan letak titik-titik grafik fungsi kuadrat menjadikan kegiatan pembelajaran di kelas menjadi efektif dan dapat mengembangkan kemampuan pemahaman relasional. Penggunaan konteks yang sesuai dengan fungsi pada setiap pertemuan, proses matematisasi yang terjadi, penggunaan model of dan model for, peran aktif siswa, serta peran guru di kelas yang sesuai dengan karakteristik RME dapat membimbing siswa dalam mengkonstruksi strategi-strategi dan menggunakan kemampuan pemahaman relasional siswa untuk memahami pokok bahasan fungsi secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti. S, M.Si. ; 2). Dra. Ratnaningsih, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:14
Last Modified: 20 May 2022 07:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28539

Actions (login required)

View Item View Item