PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMKN 26 JAKARTA

NIKEN FEBRINA INDRASWARI, . (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS PADA SISWA KELAS XI SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Niken Febrina Indraswari.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMKN 26 Jakarta yang dilakukan pada bulan April sampai Mei 2015, semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian dalam penelitian ini ialah two group pretest posttest design, yakni diberikan kepada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL), sedangkan pada kelompok kontrol, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode yang digunakan guru. Kedua kelompok tersebut pada awal pembelajaran diberikan tes berupa pretest dan pada akhir pembelajaran diberikan tes berupa posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 26 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak. Jumlah sampel sebanyak 53 orang dengan jumlah pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks. Berdasarkan perhitungan, didapatkan nilai rata-rata hasil tes menulis teks eksplanasi kompleks pada saat posttest kelas eksperimen sebesar 79,2. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu 59. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors). Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila Lo < Lt . Berdasarkan hasil uji analisis terhadap sampel dari kedua kelas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal. Hal ini ditandai dengan diperolehnya Lo = 0,114 < Lt = 0,173 pada kelas eksperimen dan Lo = 0,107 < Lt = 0,161 pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada kedua kelas α = 0,05. Selain itu, dilakukan uji homogenitas melalui uji Bartlett. Kriteria pengujian pada uji homogenitas, yaitu data kelas sampel memiliki varian yang homogen apabila X 2 hitung < X2 tabel. Kedua data memiliki varian data yang sama atau homogen. Hal ini ditandai dengan diperolehnya X 2 hitung (-0,25) < X2 tabel (3,841). Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah tolak Ho jika thitung > ttabel. Diperoleh thitung (8,49) > ttabel (1,67). Dengan demikian, hipotesis yang dirumuskan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMKN 26 Jakarta diterima. Model PBL dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan model PBL juga membuat pembelajaran lebih bervariasi dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd. ; 2). Edi Puryanto, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 May 2022 01:50
Last Modified: 21 May 2022 01:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item