MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA TEMA KEHIDUPAN KELUARGA SISWA SMA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION)

HANI CHAERUN NISA, . (2015) MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA TEMA KEHIDUPAN KELUARGA SISWA SMA KELAS XI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING and COMPOSITION). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hani Chaerun nisa (2615096408).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model pembelajaran yang berisi tahap-tahap pembelajaran keterampilan menulis pada tema kehidupan keluarga siswa SMA kelas XI dengan menggunakan metode CIRC. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan teknik studi pustaka dengan mengacu pada teori acuan dalam menganalisis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengetahuan tambahan untuk guru, sebagai model tambahan dalam proses pembelajaran bahasa Jerman di kelas. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil sebagai berikut: model pembelaja�ran keterampilan menulis dengan metode CIRC terdiri dari tiga tahap pembelajaran. Tiga tahapan pembelajaran tersebut adalah kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang mencakup di dalamnya mengamati (Präsentieren), menanya, mengumpulkan infor�masi (Praktizieren), mengasosiasikan dan mengkomunikasikan (Produzieren), dan (3) kegiatan penutup. Penggunaan metode CIRC ini diterapkan pada kegiatan inti yaitu pada kegiatan mengumpulkan informasi (Praktizieren), mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan (Produzieren). Model pembelajaran keterampilan menulis tema Familie siswa SMA kelas XI dengan menggunakan metode CIRC disusun dalam satu Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan alokasi waktu 3x45 menit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu alternatif guru pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Indira Kusumadewi, M.Pd. ; 2). Dra. Ellychristina D.H., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 May 2022 02:01
Last Modified: 21 May 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28551

Actions (login required)

View Item View Item