EMOSI DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

NILAM KUSUMAWATI, . (2015) EMOSI DALAM KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NILAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui emosi apa yang terkandung dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dengan menggunakan klasifikasi emosi berdasarkan Goleman yang memilahnya dalam delapan jenis emosi, yaitu amarah, kesedihan, rasa takut, kenikmatan, cinta, terkejut, jengkel, dan malu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi, yaitu dengan menganalisis sampel yang dipilih berdasarkan periode penulisan yang berjumlah 20 puisi pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Penelitian ini difokuskan pada emosi dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono. Subfokusnya ialah delapan aspek emosi Daniel Goleman. Hasil pelitian dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono jenis emosi ditemukan tujuh jenis emosi. tujuh emosi tersebut ialah amarah, kesedihan, takut, terkejut, kenikmatan, cinta, dan malu. Hanya perasaan jengkel yang tidak muncul, perasaan jengkel ini dicirikan dengan perasaan hina, jijik, mau muntah, mual, benci, tidak suka. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk masukan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII, khususnya untuk mengungkapkan tanggapan terhadap puisi yang dibacakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M. Hum. ; 2). Dr. Saifur Rohman, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 21 May 2022 01:56
Last Modified: 21 May 2022 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28553

Actions (login required)

View Item View Item