MANAJEMEN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SDN PENGGILINGAN 04 JAKARTA

DITA ROSMAYA, . (2015) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SDN PENGGILINGAN 04 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dita Rosmaya MP 2011.pdf

Download (616kB)

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum dalam implementasi KTSP di SDN Penggilingan 04 Petang. Penelitian mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SDN Penggilingan 04 Petang Jakarta Timur. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian dimulai dengan melakukan grandtour pada tanggal 27 Februari 2015. Waktu penelitian kurang lebih selama 2,5 bulan. Penelitian dimulai pada tanggal 27 Februari sampai dengan 18 Mei 2015. Manajemen Kurikulum dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SDN Penggilingan 04 Petang dimulai dari perencanaan. Perencanaan dirumuskan pada rapat akhir tahun ajaran. Pengorganisasian KTSP dalam manajemen kurikulum yaitu pengaturan bahan pelajaran yang dilakukan oleh guru kelas dan guru mata pelajaran serta pengaturan materi ekstrakurikuler. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah. Evaluasi KTSP berupa UTS, UKK, dan penilaian kinerja guru dan kepala sekolah The research used a qualitative approach with descriptive methods. The research purpose is to know curriculum management in SDN Penggilingan 04 Petang. The research covers planning, organizing, controlling, and evaluation. The research was done in SDN Penggilingan 04 Petang East Jakarta. Data collection was done by interview, observation, and study documentation. The research was done approximately two and half months, which started February 27 until May 28, 2015. Curriculum management in implementation of educational unit level curriculum at SDN Penggilingan 04 Petang start from planning. Planning is defined at the final meeting of school year. Organizing in management curriculum means organizing all of the study materials and extracurricular activities. Controlling is done by headmaster and school supervisor. Evaluation is UTS and UKK for student, and performance assessment for teacher and headmaster

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suryadi ; 2). Dr. Wukir Ragil, SH, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 03:24
Last Modified: 23 May 2022 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28579

Actions (login required)

View Item View Item