PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas XII Audio Video 2 SMKN 5 Jakarta)

Rani Romatua Anzelyna Situmorang, . (2018) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA (Studi Eksperimen Siswa Kelas XII Audio Video 2 SMKN 5 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (795kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (801kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Project Based Learning dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab siswa kelas XII di SMKN 5 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Sampel penelitian sebanyak 49 siswa, diambil dengan menggunakan teknik non-probabilitas sampling. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan menggunakan instrumen tanggung jawab. Berdasarkan hasil uji, instrumen ini memiliki 65 valid dengan realiabilitas sebesar 0,905. Hal tersebut menyimpulkan bahwa instrumen ini layak dijadikan alat ukur dalam penelitian. Hasil penelitian diketahui bahwa gambaran tanggung jawab siswa saat pretest 12,5% berada pada kategori rendah, 41,67% berada pada kategori sedang, dan 45,83% berada pada kategori tinggi. Sedangkan, gambaran tanggung jawab siswa saat posttest adalah 20,83% berada pada kategori sedang, 37,5% berada pada kategori tinggi, dan 41,67% berada pada kategori sangat tinggi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil nilai Asymp. Sig=0.000. Hipotesis penelitian diuji pada taraf signifikan α = 0.05 atau dengan tingkat kesalahan 5%. Maka nilai Asym. Sig = 0.000 < nilai signifikan α = 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut memiliki arti bahwa terjadi peningkatan pada tanggung jawab siswa setelah diberikan bimbingan klasikal dengan model Project Based Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan tanggung jawab siswa yang rendah. Implikasi dari penelitian ini adalah model Project Based Learning dalam bimbingan klasikal dapat digunakan oleh pihak sekolah khususnya guru BK, sebagai alternatif penanganan untuk menangani siswa yang memiliki tanggung jawab yang rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wirda Hanim, M.Psi 2) Dra. Michiko Mamesah, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jan 2020 15:32
Last Modified: 16 Jan 2020 15:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item