PENGARUH PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA

LARAS WIDIANINGTIYAS, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Laras Widianingtiyas-3215111257-FMIPA-FISIKA-PENDIDIKAN FISIKA.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan multi representasi dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan kognitif siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control group pretest-posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Bekasi dengan subjek penelitian siswa kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Kemampuan kognitif yang akan diteliti berdasarkan taksonomi Anderson. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-T) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 86 didapatkan nilai thitung sebesar 6,11 dan ttabel sebesar 1,671 sehingga dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan multi representasi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa. ********* The aim of this research is to know the effect of multiple representations approach in teaching physics towards cognitive ability of senior high school students. The research was carried out using a quasi-experimental methode with non-randomized control group pretest-posttest design. The sample was taken by purposive sampling technique. This research was conducted at SMAN 7 Bekasi with the subject of the research are studenst of X MIA 3 as the experimental class and the X MIA 1 as the control class. Data collection techniques were a multiple choice objective test to determine students’s cognitive abilities. The cognitive abilities that will be examinde according to Anderson taxonomy. Based on the result of hypothesis test ( test - T ) with a significance level of 5 % and dk = 86 obtained tcount at 6.11 and ttable at 1.671, so that it can be seen that Ho is refused and H1 is accepted . It can be concluded that the multiple representation approach give a positive effect on students' cognitive abilities

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Fauzi Bakri, S.Pd,M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:17
Last Modified: 23 May 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28601

Actions (login required)

View Item View Item