PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

EKA PURWATI DATTI, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI _ EKA PURWATI DATTI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV melalui pendekatan quantum learning di SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode model Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur kerja Penelitian Tindakan Kelas ini dalam satu siklus atau putaran terdiri dari lima komponen yang meliputi merencanakan, melaksanakan, mengamati, refleksi serta merumuskan tindakan baru, untuk membuat perencanaan ulang pada siklus berikutnya apabila belum mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan Kemampuan menulis karangan narasi berdasarkan data analisis yang diperoleh dari setiap siklus mengalami peningkatan yang siknifikan artinya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi lebih baik dari pada sebelum diberikan tindakan. Pemberian tindakan yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pendekatan quantum learning, hasil yang diperoleh setiap siklus sebagai berikut: siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis karangan narasi baru mencapai 65,33%, dan pada siklus II meningkat menjadi 71,06%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan quantum learning kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan meningkat. ********** The purpose of this research is to impropve the capability to write narrative essay Approach Through Quantum Learning in Grade IV SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi, South Jakarta. This Classroom Action Research was conducted by using the method of Kemmis and Mc, Taggart model. This working procedure of Classroom Action Research in a single cycle or rolation consists of five components including planning, implementing, observing, reflecting and formulating new measures, to make a re-planning to the next cycle if the expected succsess criteria has not been achieved.The ability to write narrative essay based on the analysis of data obtained from each cycle has meant significant improvements in student ability in writing narrative essay which is better than before the action. Giventhe actions taken by the researchers was by using a quantum learning approach, while the results of each cyle as follows: cycle I the average value of the narrative essay writing skills is 65.33%, and cycle II it increased to 71.06%.From the data gotten shows that by using quantum learning approach, narrative essay writing skills of fourth grade students in SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi, South Jakarta can be increased.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Dra. Sehati Kaban M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:34
Last Modified: 23 May 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item