HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA MENURUT SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN PENGASINAN BEKASI

EKA YUNINGSIH, . (2015) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA MENURUT SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KELURAHAN PENGASINAN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Eka Yuningsih.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua menurut siswa dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji normalitas taksiran Y atas X dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas menggunakan uji Bartlett. Kemudian dilakukan uji keberartian dan kelinieran regresi. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 25,21 + 0,89X. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,704 kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji-t , hasil yang diperoleh thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 = 0,4956, menunjukkan bahwa 49,56% varians motivasi belajar IPA siswa ditentukan oleh perhatian orang tua menurut siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua menurut siswa dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Implikasi dari penelitian ini adalah jika perhatian orang tua menurut siswa tinggi maka motivasi belajar IPA siswa kelas IV akan tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengembangan dan peningkatan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar IPA siswa. The purpose of this research is to know a positive correlation between parents' attention by students with the motivation to learn science grade IV SDN Pengasinan Village, Bekasi. The method used in this research is quantitative method with a correlation approach. The study population was all students in grade IV SDN Pengasinan Village, Bekasi. Sampling using multistage random sampling. Data collected by using a questionnaire. Normality test on X Y estimates using Lilliefors and homogeneity test using Bartlett test. Then the significance test and regression linearity. The regression equation obtained is Ŷ= 25.21 + 0.89X. Test product moment correlation coefficient rxy = 0.704 produces then proceed with tests of significance coefficients using t-test, the results obtained tcount > ttable. Calculation of the coefficient of determination produce rxy 2 = 0.4956, showed that 49.56% of variance motivation to learn science student is determined by the parents according to students' attention. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between parents' attention by students with the motivation to learn science grade IV SDN Pengasinan Village, Bekasi. The implication of this study is if the parents' attention by high student motivation to learn science the fourth grade students will be high. Therefore, it is necessary to develop and increase the attention of parents to motivate students to learn science.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd ; 2). Dra. Sri Kawuryan, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:35
Last Modified: 23 May 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28606

Actions (login required)

View Item View Item