PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNJ

LIANA PUTRI MAHARANI, . (2015) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA FMIPA UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 4.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ii DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi pengaruh SRL terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2014 pada mata kuliah Kalkulus Differensial pokok bahasan Turunan Parsial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto dengan variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman matematis dan variabel bebas yaitu Self-Regulated Learning (SRL). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Two Stage Random Sampling yaitu menggunakan Purposive Random Sampling memilih dua dari empat kelas dengan masa ajar dosen pengampu yang setara yaitu 5 – 10 tahun dilanjutkan dengan teknik Simple Random Sampling diambil 60 mahasiswa di antaranya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket SRL sebanyak 26 item pernyataan dan tes kemampuan pemahaman matematis pada pokok bahasan Turunan Parsial sebanyak 4 soal uraian. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana. Model regresi linear sederhana yaitu = −16,04 + 0,52 . Uji hipotesis menggunakan uji-F dan diperoleh Fhitung = 1155,627 sedangkan Ftabel = 0,003 dengan taraf signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara SRL terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Berdasarkan uji koefisien korelasi untuk mengetahui adanya pengaruh positif SRL terhadap kemampuan pemahaman matematis diperoleh thitung = 30,0967 dan ttabel = 1,6736, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara SRL dan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ. Uji koefisien korelasi menghasilkan koefisien determinasi sebesar 93,9% ini berarti kemampuan pemahaman matematis dipengaruhi oleh SRL sebesar 93,9% dan 6,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Fariani Hermin, M.T. ; 2). Tutuk Narfanti, S.Pd., M.Ed.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:41
Last Modified: 23 May 2022 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item