PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BERMAIN TELEPON” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGINFORMASIKAN SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI, CENGKARENG, JAKARTA BARAT (Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kurikulum SD 2013)

ESTI NUR APRIYANTI, . (2015) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA “BERMAIN TELEPON” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGINFORMASIKAN SISWA KELAS IV SDN KEDAUNG KALIANGKE 13 PAGI, CENGKARENG, JAKARTA BARAT (Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kurikulum SD 2013). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Esti Nur Apriyanti.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menginformasikan siswa kelas IV SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, Jakarta Barat dengan menggunakan metode permainan Bahasa “Bermain Telepon”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 44. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart yang dikembangkan oleh Suharsimi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes keterampilan berbicara menginformasikan dan instrumen pengamatan aktivitas pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan berbicara menginformasikan dengan menerapkan metode permainan bahasa “Bermain Telepon”. Persentase keterampilan berbicara menginformasikan siswa pada siklus I mencapai 56,82% dan pada siklus II mencapai 88,64%. Peningkatan keterampilan berbicara menginformasikan siswa meningkat karena efektivitas pembelajaran melalui penerapan metode permainan bahasa “Bermain Telepon” siklus I 75% dan siklus II mencapai 100%. Dari data hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan bahasa “Bermain Telepon” dapat meningkatkan keterampilan berbicara menginformasikan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kemampuan berbicara yang diperoleh akan semakin meningkat jika pembelajaran menggunakan metode permainan bahasa “Bermain Telepon” ********* *This research is aim to improve speaking inform skill of fourth grade class students of SDN Kedaung Kaliangke 13 Pagi, Cengkareng, West Jakarta by using language games method "Bermain Telepon". The subject of this research is 44 students of fourth grade. The type of research is classroom action research. This research is conducted by using Stephen Kemmis and Mc.Taggart model and it is developed by Suharsimi. The data collection is done by using test instrument of speaking inform skill and instrument of learning activities observation. The result of this research is an increase of speaking inform skill by applying language games method "Bermain Telepon". The percentage of students' speaking inform skill first cycle is 75% and for the second cycle is 88,64%. The students' speaking inform skill is increasing because of learning effectivity by applying language games method "Bermain Telepon". It can be seen from the percentage after doing the treatment. The percentage of first cycle is 75% and the second one is 100%. Based on the data result shows that language games method "Bermain Telepon" can improve speaking inform skill. The implication of data result is the increasing speaking skill when applying language games method "Playing Telephone".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:20
Last Modified: 23 May 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28628

Actions (login required)

View Item View Item