MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 03 SETIABUDI JAKARTA SELATAN

FRIDER KAMORA, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SDN PASAR MANGGIS 03 SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_FRIDER KAMORA_1815118498.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 03 Setiabudi Jakarta Selatan yang berlokasi di Jln. Sawah Lunto Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2015 pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode siklus dari Kemmis dan Mc. Target dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian berupa data dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) yaitu pada siklus I sebesar 45% dari jumlah siswa sebanyak 20 siswa yang sudah mencapai skor hasil belajar IPS 7/75. Pada siklus II sebesar 97,5% dari jumlah siswa sebanyak 20 siswa yang sudah mencapai skor hasil belajar IPS 7/75. Peningkatan hasil pada siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkat hasil belajar IPS siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan salah satu cara untuk dapat meningkat hasil belajar IPS Tentang Masalah Sosial di Daerahmu pada siswa Sekolah Dasar. ******** This classroom action research aims to find ways to improve the learning outcomes of fourth grade students of SDN 03 Mangosteen Market Setiabudi, South Jakarta, located on Jl. Sawah Lunto South Jakarta Setiabudi subdistrict. The research was conducted from May until the month of June 2015 in the second semester of academic year 2014/2015. The research method was classroom action research using the method of Kemmis and Mc cycle. Tangat with each cycle of four stages, namely planning, action, observation / observation and reflection. The results of research in the form of data from the learning process by using Cooperative Learning type Numbered Head Together (NHT) is in the first cycle by 45% of the number of students as many as 20 students who have achieved a score of 7/75 IPS learning outcomes. In the second cycle of 97.5% of the total number of students by 20 students who have achieved a score of 7/75 IPS learning outcomes. Improved results in the second cycle shows that learning the Cooperative Learning method type Numbered Head Together (NHT) can increase student learning outcomes IPS student. The implication of this research is the method of Cooperative Learning type Numbered Head Together (NHT) can be one way to increase learning outcomes IPS About Social Problems in your region at elementary school students basic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudarajat. S.Pd., M.Pd. ; 2). Dra. Windhiyanti
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:21
Last Modified: 23 May 2022 06:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28631

Actions (login required)

View Item View Item