MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN JATI 08 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR

EZA RACHMAYANTI, . (2015) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN JATI 08 PAGI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (177kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (154kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Jati 08 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jati 08 Pagi Pulogadung Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes evaluasi pemahaman konsep, instrumen pemantau tindakan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data pada siklus I dengan persentase peningkatan pemahaman konsep siswa sebesar 75,76%. Sedangkan siklus II menunjukan kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 100%. Adapun siklus I persentase lembar pemantau tindakan pengamatan guru sebesar 88,5% dan persentase untuk pemantau tindakan pengamatan siswa sebesar 77,1%. Dan pada siklus II mencapai peningkatan persentase sebesar 94,2% untuk lembar pemantau tindakan pengamatan guru, dan persentase sebesar 89,5% untuk tindakan pengamatan siswa. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V SDN Jati 08 Pagi Pulogadung Jakarta Timur. Penerapan metode eksperimen membuat siswa menjadi aktif, memiliki perhatian yang tinggi, ketertarikan, rasa senang dalam belajar dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna. *This classroom action research aimed at obtaining data on the application of the experimental method to improve understanding of science concepts about simple machines in class V SDN Jati 08 Pagi Pulogadung, East Jakarta. This research was conducted at SDN Jati 08 Pagi Pulogadung, East Jakarta in the 2nd half of the school year 2014-2015 with the research subjects are students of class V, which totaled 33 people. This classroom action research conducted using models Kemmis and Mc. Taggart consisting of two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. Data collected by the provision of an evaluation test understanding of concepts, instruments monitoring the actions, and field notes. The results showed that the data obtained in the first cycle with the percentage increase students understanding of the concept of 75.76%. While the second cycle showed a significant increase in the amount of 100%. The first cycle of monitoring measures the percentage sheet teacher observation of 88.5% and the percentage for monitoring measures student observation of 77.1%. And the second cycle reaches a percentage increase of 94.2% for sheet monitoring actions teacher observations, and a percentage of 89.5% for student observation actions. Implications of the study are that the experimental method can improve the understanding of science concepts in class V SDN Jati 08 Pagi Pulogadung, East Jakarta. The application of the experimental method makes students become active, has a high attention, interest, pleasure in learning and make learning activities more meaningful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana ; 2). Dra. Maratun Nafiah
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:26
Last Modified: 23 May 2022 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item