STUDI FENOMENOLOGI PELATIHAN MENGEMUDI MOBIL DI JAKARTA TIMUR

GANES PRADIKA, . (2015) STUDI FENOMENOLOGI PELATIHAN MENGEMUDI MOBIL DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Studi Fenomenologi Pelatihan Mengemudi Mobil di Jakarta Timur.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui fenomena pelaksanaan pelatihan mengemudi mobil di PT. Giri Artha Sejahtera, PT. Hutomus Yokonsa Jaya, dan PT. Persemija Jakarta Timur. Tujuan penelitian merupakan mengetahui realitas dinamika kursus mengemudi mobil serta melihat sejauh mana penerapan prinsip-prinsip andragogi yang dilakukan instruktur di kursus mengemudi mobil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti melihat realitas pembelajaran yang dilakukan instruktur mengemudi mobil. Hasil penelitian ditemukan pembelajaran kursus mengemudi mobil oleh instruktur tuntas namun dalam pelaksanaan pembelajaran instruktur cenderung intuitif, belum sistematis. Waktu belajar terbatas, manajemen pembagian waktu instruktur dalam pelaksanaan proses pembelajaran tahap persiapan, pembukaan, inti, dan penutup belum terstruktur. Oleh karena itu, pengelola kursus mengemudi mobil sebaiknya melatih instruktur untuk lebih disiplin. Serta mengadakan pelatihan rutin yang terstruktur bagi instruktur, dengan begitu instruktur dapat menambah kemampuan pelayanannya sehingga hasil belajar nantinya lebih optimal The research causes of researcher’s anxiety to know about implementation of driving car training phenomena at PT. Giri Artha Sejahtera, PT. Hutomus Yokonsa Jaya, dan PT. Persemija East Jakarta. The purpose of the research are to know about driving school reality and to see about how far the instructor do andragogy in the lessons. The research used qualitative method and Phenomenological steps. The results of research are the lesson has finished, but doesn’t run systematically. The instructor give a lesson with an intuitive direction. The time portion of training is stint. Learning process hasn’t structure. So the organizer of driving school must increase the instructor’s discipline and gives more training which systematically for the instructor. So, it possibly to make the instructor better than ever and makes the lesson optimum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Widio Prihanadi M.Pd ; 2). Drs. Sri Koeswantono W M.Si
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:31
Last Modified: 23 May 2022 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item