FADLAN PICAL, . (2015) PENINGKATAN GERAK DASAR LOKOMOTOR LARI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN KECIL TANPA ALAT DI KELAS II SDN PASAR MANGGIS 02 PETANG SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_FADLAN PICAL_1815118482.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan gerak dasar lokomotor lari melalui permainan kecil tanpa alat di kelas II SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman peningkatan gerak dasar lokomotor lari melalui perminan kecil tanpa alat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 29 siswa pada semester II pada bulan april sampai dengan juni tahun pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukan presentase perolehan data pada siklus I kemampuan gerak dasar lokomotor lari 58,63%. Siklus II menunjukkan kenaikan yaitu 76,44%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran pada siklus I presentase 62,5%. dan pada siklus II terjadi peningkatan hingga 80%. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan permainan kecil tanpa alat dapat meningkatkan gerak dasar lokomotor lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa: melalui permainan kecil tanpa alat dapat meningkatkan gerak dasar lokomotor lari siswa kelas II SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi Jakarta Selatan. *This study aims to boost basic locomotor movements run through the small game without a tool in class II SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi, South Jakarta. This study aims to determine how the increase in basic locomotor movements ran through a small perminan without tools. This study was conducted in SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi, South Jakarta, with grade II research subjects totaling 29 students in the second semester in April to June school year 2014/2015. In this study conducted in two cycles. In the cycle using classroom action research with the model Kemmis and Taggart. The point is that in this model there is a planning phase (planning), action (acting), observation (observing), and reflection (reflecting). The results showed the percentage of data acquisition in the first cycle basic locomotor movement to run 58.63%. Cycle II shows the increase is 76.44%. While the data for monitoring action on the first cycle of learning a percentage of 62.5%. and the second cycle increased to 80%. From the research it can be stated that by using a small game without tools can enhance the basic locomotor movements running in physical education teaching. Based on the results of this classroom action research can be concluded that: through a small game without tools can enhance the basic locomotor movements run second grade students of SDN Pasar Manggis 02 Petang Setiabudi, South Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:33 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28639 |
Actions (login required)
View Item |