Aplikasi Model Pengajaran Pemahaman Membaca Teks Tema Familie dengan Menggunakan Teknik Skimming pada Siswa Sekolah Menengah Atas

KARTIKA RIANA NOVA, . (2015) Aplikasi Model Pengajaran Pemahaman Membaca Teks Tema Familie dengan Menggunakan Teknik Skimming pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Kartika Riana Nova.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengamati penerapan hasil skripsi model pengajaran pemahaman membaca teks tema Familie dengan menggunakan teknik skimming pada siswa Sekolah Menengah Atas yang disusun oleh Rita Handayani, mahasiswa Jurusan Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta lulusan tahun 2006. Jenis pengamatan ini adalah pengamatan tidak berperan serta, yang mengamati proses pembelajaran dengan model pengajaran pemahaman membaca teks tema Familie dengan menggunakan teknik skimming pada siswa Sekolah Menengah Atas. Proses pengamatan model pembelajaran dilaksanakan di SMAN 79 Jakarta Selatan pada kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam 3 dengan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengamatan tidak berperan serta dan dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian diperoleh data berupa catatan lapangan penelitian yang menunjukkan bahwa pengaplikasian model pembelajaran pada kelas ini tidak berjalan dengan optimal sesuai dengan skenario dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model pembelajaran pemahaman membaca teks tema Familie dengan menggunakan teknik skimming. Guru bahasa Jerman yang menerapkan model pembelajaran ini tidak menjalankan tahapan pembelajaran sesuai dengan RPP model pembelajaran Rita Handayani di tahap awal pembelajaran. Pada tahap akhir, guru yang mengajar bahasa Jerman juga tidak membahas perbandingan situasi antara Indonesia dan di Jerman sesuai dengan teks yang dipelajari, karena terpotong jam pelajaran yang harus berakhir, sehingga waktu yang digunakan tidak sesuai dengan RPP .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Santiah, M.Pd. ; 2). Dra.Ellychristina DH, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:24
Last Modified: 23 May 2022 06:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28640

Actions (login required)

View Item View Item