MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT

RATIH TRI WAHYUNI, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (61kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (291kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-D SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, obsevasi (pengamatan), catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan metakognitif dalam proses pembelajaran tidak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I, kegiatan guru mencapai 78,3% sedangkan aktivitas siswa hanya sebesar 58,7%. Pada siklus II kegiatan guru meningkat sebesar 10% menjadi 88,3% dan aktivitas siswa meningkat menjadi 86,7%. Untuk kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siklus I mencapai 60% dan pada siklus II meningkat sebesar 24% menjadi 84% siswa mendapat nilai ≥75. Hasil tersebut menandakan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil mencapai target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan metakognitif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, M.E 2) Dra. Syarifah Hanum, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jan 2020 11:39
Last Modified: 17 Jan 2020 11:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item