PENINGKATAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MELALUI PELATIHAN HYPNOPARENTING BAGI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ATSIRI PERMAI CITAYAM, BOJONG GEDE, BOGOR

GITA RULITA BUDIYANTI, . (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MELALUI PELATIHAN HYPNOPARENTING BAGI PENDIDIK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK ATSIRI PERMAI CITAYAM, BOJONG GEDE, BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Skripsi Gita Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah pendidik anak usia dini yang kurang memahami karakteristik peserta didik, sehingga dapat menghambat proses kematangan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karakteristik peserta didik pendidik anak usia dini. Melalui pelatihan hypnoparenting ini diharapkan para pendidik anak usia dini memiliki peningkatan pemahaman karakteristik peserta didik dengan pemahaman karakteristik peserta didik yang pendidik anak usia dini miliki sebelumnya. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu terkait dengan upaya peningkatan pemahaman karakteristik peserta didik melalui pelatihan hypnoparenting pada pendidik anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan one- group, pre- test post- test design, dimana perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pelatihan yang telah dirancang oleh peneliti. Penelitian ini diterapkan pada pendidik anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Atsiri Permai terhitung dari bulan Februari 2015 s.d. Mei 2015. Subyek penelitian ini adalah pendidik anak usia dini di Taman Kanak Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, bogor yang berjumlah 5 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument angket, observasi, serta tes hasil belajar, atau yang biasa disebut dengan multi instruments. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dengan jenis penelitian kuantitatif dengan mendeskripsikan data serta penyajian secara persentase. Hasil dari pelatihan hypnoparenting ini diperoleh melalui pre-test dan post-test terhadap pendidik anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor, maka diperoleh rata-rata dari pemahaman karakteristik peserta didik pada pre- test sebesar 60,00 dari 20 item soal yang diujikan, dan pada post- test terjadi peningkatan sebesar 16,00 poin (26,67%) yaitu mencapai 76,00. Sedangkan data mengenai peningkatan pemahaman karakteristik peserta didik, diperoleh dengan menggunkan pendekatan one- group, pre- test dan post- test, yakni 60,00 x 76,00 = 4560,00. Melalui pelatihan ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan hypnoparenting mampu meningkatkan pemahaman karakteristik peserta didik bagi pendidik anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor. Hal ini berarti bahwa tujuan dari penelitian ini telah “tercapai”. This study departs from the problem early childhood educators who lack an understanding of the characteristics of learners, so as to inhibit the maturation process of learning. This study aims to improve the understanding of the characteristics of learners early childhood educators. Through hypnoparenting training is expected that the early childhood educators have an increased understanding of the characteristics of learners with understanding the characteristics of learners that early childhood educators had before. The formulation of the problem in this study is related to the effort to increase understanding of the characteristics of learners through hypnoparenting training on early childhood educators in kindergarten Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor. This research was conducted with one- group approach, pre-test post-test design, in which the treatment is done in this study is the training that has been designed by researchers. This study applied to early childhood educators in kindergarten Atsiri Permai from the month February 2015 sd May 2015. The subjects of this study are early childhood educators in Kindergarten Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor, amounting to 5 people. Collecting data in this study using the instrument questionnaires, observations, as well as the achievement test, or commonly referred to as multi instruments. Data analysis technique used is the technique of analysis with quantitative research by describing the data and presenting the percentage. Results from this hypnoparenting training obtained through the pre-test and post-test for early childhood educators in kindergarten Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor, it obtained an average of understanding the characteristics of learners at pre-test at 60.00 on 20 items about tested, and the post-test there was an increase of 16.00 points (26.67%), reaching 76.00. While data on an improved understanding of the characteristics of learners obtained by using one- group approach, pre-test and post-test, namely 60.00 x 76.00 = 4560.00. Through this training can be concluded that the training hypnoparenting able to improve the understanding of the characteristics of learners for early childhood educators in kindergarten Atsiri Permai Citayam, Bojong Gede, Bogor. This means that the goal of this research has "achieved".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr, Fakhruddin Arbah, M.pd ; 2). Dr. Karnadi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:02
Last Modified: 25 May 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item